Tips merawat kipas angin

| Jumat, 23 November 2012






Hy semua, saya ingin berbagi tips merawat kipas angin supaya kipas angin yang kita gunakan awet,.,hhheheheh. 


Langsung aja ya saya jelasin tips-tips nya,.,heheheh (pengalaman pribadi dapet ilmu wktu sklh di SMK) 
  
Bersihkanlah Kawat pengaman pada kipas angin dari debu yang menempel,usahakan membersihkannya setiap 2 minggu sekali. 
Bersihkanlah baling-baling kipas dari debu yang menempel,usahakan pada saat memberishkan baling-baling kipas ini harus sangat bersih,agar kipas dapat berputar dengan sempurna. Lakukanlah setiap 2 minggu sekali. 
Untuk selanjutnya bagian pembersihan dan pelumasan poros kipas. Pada bagian ini kita harus rajin” membersihkan nya,karena pada bagian ini sebagai pusat kinerja putaran baling-baling pada kipas. Pada pembersihan bagian ini kita siapkan kuas berukuran kecil untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dibersihkan. Setelah kita bersihkan lalu kita lumasi poros kipas dengan pelumas (contoh: WD-40) . Pada bagian pembersihan dan pelumasan bagian ini kita dapat melakukannya setiap 1 bulan sekali. 
Selanjutnya bagian pengecekan dan pelumasan bagian motor listrik dari kipas angin tersebut. Untuk pengecekan bagian mtor listrik ini kita dapat menggunakan avometer untuk mengecek tegangan,hambatan dan daya (sesuai standarisasi pada lebel/stiker yang ada pada kipas) yang dihasilkan pada motor kipas tersebut. Lalu untuk bagian pelumasan motor pada kipas kita dapat melalukannya setelah kita membuka body pengaman motor kipas tersebut, setelah kipas membuka body pengaman lalu kita lumasi bagian motor kipas menggunakan pelumas (contoh : WD-40). Setelah melakukan pelumasan lalu kita pasang kembali body pengaman motor pada kipas kembali. Pada bagaian ini kita dapat melakukan setiap 1 bulan sekali. 
Lalu untuk bagian perawatan terakhir adalah bagian ngecekan saklar dan kabel-kabel pada kipas. Saklar pada kipas ini berfungsi sebagai pemutus dan penyambung arus listrik yang mengalir pada kabel supplay PLN ke motor listrik. Apabila saklar pada pada kipas sudah tidak berfungsi maka kipas tesebut tidak dapat dinyalakan maupun dimatikan (Bisa gerah euy,maklum ga punya AC,..heheheheh). Pada bagian pengecekan kabel dan saklar ini dapat kita lakukan pada jangka panjang,setiap 3 bulan sekali. 





Akhirnya selesai juga ngejelasin tipsnya, semoga tips yang saya tulis ini dapat berguna bagi pembaca blog saya. Amiinnn


0 komentar:

Next Prev
▲Top▲